Bagaimana Cara - Cara Membeli, Mendaftarkan dan Registrasi Domain Web Internet .com .net .org .info

Home

Bagaimana Cara - Cara Membeli, Mendaftarkan dan Registrasi Domain Web Internet .com .net .org .info

Domain adalah suatu identitas penamaan pada jaringan internet dunia secara global agar mudah diingat untuk berbagai macam keperluan seperti untuk membuat website, membuat alamat email, memprotek merk dagang, dan lain sebagainya.

Harga domain kini semakin terjangkau dengan semakin ketatnya persaingan penjual domain baik di dalam maupun di luar negeri. Harga domain kini hanya berkisar antara 85 sampai 110 ribu rupiah untuk masa penggunaan satu tahun. Sebenarnya istilah sewa domain lebih tepat daripada menggunakan istilah beli domain, karena nyatanya kita hanya memiliki domain untuk jangka waktu tertentu sesuai kontrak.

Panduan keterangan akhiran domain :
- .com = komersial / bisnis
- .net = network / isp
- .org = organisasi
- .biz = bisnis
- .info = informasi bebas
- .name = individual perseorangan
ket : pada umumnya anda bebas mengisi situs apa saja di masing-masing akhiran

Tahap dan Langkah Mendaftar Domain :

1. Masuk ke situs web penjual web domain yang memiliki servis dan support yang baik seperti www.idwebhost.com, www.singcat.com, www.indohoster.com, dan lain sebagainya.

2. Daftar user baru pengguna situs tersebut. Anda biasanya diperbolehkan mendaftar user tanpa harus membeli apa-apa.

3. Cari kotak isian yang berfungsi untuk mancari status domain apakah masih bisa didaftarkan atau sudah didaftarkan orang lain. Isi dengan domain yang anda ingin tahu ketersediaannya. Contoh masukkan abc.com, jika masih available berarti anda bisa mendaftarkan domain tersebut, namun jika tidak bisa maka anda bisa mencoba mencari alternatif domain lain atau membeli domain akhiran lain.

4. daftarkan domain yang tersedia / available tersebut dengan mengisi berbagai form isian untuk data konfigurasi, alamat, dan lain-lain.

5. lakukan pembayaran sesuai prosedur yang dapat dilayani oleh masing-masing penjual domain. Contohnya adalah seperti melakukan transfer rekening bank BCA, Bank Mandiri, Bank Lippo, Bank Niaga, dan lain sebagainya.

6. Konfirmasi pembayaran bahwa anda telah melakukan perbayaran atas domain yang anda daftarkan tadi melalui form isian, yahoo instant messenger, email, sms, dan lain sebagainya sesuai ketentuan penjual domainnya.

7. Jika semua lancar dan berjalan mulus, maka anda sudah dapat menggunakan domain anda dalam beberapa saat. Biasanya akan ada kiriman email yang mengkonfirmasi domain anda sudah bisa digunakan.

8. Setting name server domain tersebut agas merujuk ke server webhosting anda. name server berbentuk alamat situs dengan awalan subdomain ns1, ns2, dan sebagainya. Urutan dns name server berpengaruh karena ketika ns1 down, maka kita dialihkan ke ns2.

9. Selanjutnya anda harus memiliki account web hosting untuk dapat segera membuat situs. Dari account webhosting inilah anda mendapatkan domain name server atau dns. Setting tambah domain addon atau parked dengan domain baru anda pada control panel yang ada. Kemudian anda sudah bisa mulai membuat situs anda.

10. Jangan lupa memperpanjang masa aktif domain anda setiap 11 bulan sekali agar tidak terlewat. Seseorang bisa saja mendaftarkan domain anda ketika masuk masa akan berakhirnya domain dan dapat di registrasi kembali, jika anda terlambat dapat mengakibatkan kehilangan hak untuk menggunakan domain tersebut.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Tahu untuk Memilih Web Hosting

Yang perlu dilihat dan diperhatikan dari sebuah perusahaan penyedia jasa web hosting sebelum anda mempercayakan domain dan hosting website Anda kepada mereka.

Keberadaan Perusahaan, ini harus jelas statusnya, alamat kantor yang jelas dan status badan hukum perusahaan tersebut. hal ini sangat penting demi kelangsungan website Anda nantinya, jangan sampai baru setahun, langsung hilang tanpa jejak karena mereka tutup atau bangkrut. Keberadaan perusahaan meliputi status badan hukum, alamat kantor secara fisik, nomor telepon, dan email yang jelas. Jadi kalo pengen protes atau kompalin bisa langsung dan mudah di hubungi. Lihat juga perusahaan tersebut sudah beroperasi sejak kapan, bisa dilakukan dengan mengecek whois domain dari perusahaan tersebut.

Harga, siapa aja paling seneng kalo harganya murah, tapi harga murah belum tentu jelek atau bagus. Bandingkan harga yang ditawarkan dengan harga yang ditawarkan penyedia lain. Kadang sebagian memberikan harga murah dengan mengurangi fasilitas/fitur tertentu, silahkan bandingkan harga dengan fasilitas yang ditawarkan. Karena pernah teman saya hosting di tempat yang murah dan salah satu fasilitas yang menurut saya cukup penting malah di hilangkan.

Fasilitas dan Fitur, seperti yang saya bilang di atas, biasanya fasilitas dan fitur mempengaruhi harga. jangan sampai karena ngejar harga murah, fasilitas-fasilitas penting seperti fitur-fitur managament hosting sebagian di tiadakan. Fasilitas disini termasuk, management domain dan hosting, apakah anda di bolehkan untuk memilih apakah harus hosting di situ seterusnya atau anda bisa mengarahkan domain anda kemana saja anda mau. Artinya Anda harus punya hak untuk mengatur domain Anda sepenuhnya, karena Anda boleh hosting dimana saja dan beli domain dimana saja, nggak harus di tempat yang sama.
Ada beberapa web hosting yang memberikan beberapa fasilitas/ fitur Unlimited , ini sebenarnya nggak mungkin, karena segala sesuatu ada batasannya, misalnya Database=Unlimited, padahal database itu kan pake resource dari sebuah CPU yang punya quota maksimal, so nggak ada yang Unlimited.

Jangan Baca Testimonial, yang namanya testimonial biasanya isinya cuman yang baik-baik aja, kalo pengen tau web hosting tersebut bagus apa nggak, liat atau tanya siapa aja customer/pelanggan nya, liat dari daftar. kalo yang anda liat banyak dan di antaranya ada beberapa web/perusahaan besar, kemungkinan web hosting tersebut bagus.

Customer Support, ini penting karena web anda bisa saja down atau mengalami masalah sewaktu-waktu. Lihat web hosting yang customer supportnya selalu online 24 jam/7, artinya kapan saja Anda menghubungi mereka, mereka akan siap melayani Anda, baik secara online lewat messenger, email maupun secara offline lewat telepon.

Keamanan dan Kualitas server, hal ini berhubungan dengan kecepan akses terhadap web Anda. Cuman untuk masalah spesifikasi server yang digunakan, saya nggak begitu paham. Biasanya web hosting memberikan pilihan lokasi server ketika Anda membeli web hosting, jika target pengunjung Anda adalah dari Indonesia maka akan lebih baik apabila lokasi server web Anda ada di Indonesia dan sebaliknya apabila target pengunjung web Anda dari luar negeri, pilih lokasi server di USA atau negara lainnya.
Lihat juga apakah sistem operasi yang mereka gunakan, linux atau windows. kalo web Anda banyak menggunakan PHP, sebaiknya pilih yang pake linux.

Tanya, sebaiknya anda tanya teman atau customer dari sebuah web hosting tentang layanan yang mereka dapat dari sebuah penyedia web hosting. Biasanya orang akan memberikan keterangan tentang kekurang dan kelebihan dari sebuah layanan yang mereka terima. Dan minta rekomendai apakah atau dimana sebaiknya Anda membli domain dan web hosting.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar