Cara menghemat listrik

Cara menghemat listrik akan memberikan manfaat yang besar ketika penggunaan barang electronik telah membuat rekening tagihan sangat besar. Biaya tagihan listrik yang berbanding lurus dengan penggunaan listrik secara berlebihan, juga sangat tidak ramah lingkungan. Data dari ASEAN Centre for Energy ( ACE ) menyebutkan Indonesia sebagai pemakai listrik terboros di Asia Tenggara. Namun potensi yang di miliki Indonesia juga mempunyai peluang terbesar juga untuk melakukan penghematan listrik.



Cara menghemat listrik dapat di mulai dari partisipasi kita secara sederhana dan lebih ramah lingkungan. Beberapa tips dan cara berikut dapat membantu kita menghemat listrik dan mengurangi biaya tagihan listrik yang tinggi.

1. Matikan peralatan elektronik bila tidak digunakan. Jika anda menggunakan fitur standby, sebenarnya elektronik anda masih menggunakan tenaga 70& dari energi normal. Dengan menekan tombol off atau mencabut kabel listrik dari stop kontak, kita telah berpartisipasi mengurangi emisi CO2.

2. Cara menghemat listrik dapat dengan menurunkan suhu ruangan yang menggunakan pendingin udara. Hindari penggunaan suhu ruangan yang terlalu dingin. Turunnya suhu udara setiap 1 derajat, dapat menggurangi tagihan listrik tahunan lebih dari 10%. Jika ruangan tidak gunakan setiap waktu, menggunakan remote untuk mengaktifkan fungsi timer, sehingga anda dapat mengatur waktu pendingin udara.

3. Cara menghemat listrik ketika anda menggunakan charger. Lepaskan charger dan peralatan listrik dari stop kontak setelah pengisiian telah penuh. Penggunaan charger yang tidak melepaskan dari stop kontak , dapat menambah biaya tagihan listrik untuk satu tahun.

Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar