Mengenal Diabetes, Gejala dan Pencegahannya

APAKAH DIABETES? pertanyaan ini dapat muncul dari mulut kita saat melihat tingkat kematian yang disebabkan penyakit ini. Memahami bagaimana tubuh mengubah makanan menjadi energi dan bagaimana diabetes perlu untuk ketahui gejala dan pecegahan yang mungkin dapat timbul.



Makanan yang kita terima yang diubah menjadi glukosa, menjadi bagian kecil yang diperlukan tubuh untuk tumbuh kembang. Perubahan makanan yang Anda makan menjadi bahan bakar yang disebut glukosa. Glukosa masuk ke aliran darah dan dibawa ke jutaan sel dalam tubuh Anda.

Organ yang disebut pankreas membuat bahan kimia yang disebut insulin. Insulin juga masuk ke aliran darah dan perjalanan ke sel memenuhi glukosa pada reseptor sel.

Insulin kemudian bertindak seperti kunci, membuka reseptor sehingga glukosa dapat masuk ke dalam sel. Sel mengubah glukosa menjadi energi.


Diabetes adalah suatu kondisi di mana gula (glukosa) tidak bisa masuk sel dan tetap dalam darah dalam jumlah tinggi. Gula menumpuk dalam darah dan melimpah ke dalam urin, melewati keluar dari tubuh yang tidak terpakai. Seiring waktu, kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.


Diabetes membuat sulit tubuh Anda untuk mendapatkan energi dari makanan. Itu sebabnya diabetes dapat membuat Anda merasa cepat lelah ketika berlari atau melakukan kegiatan yang memerlukan banyak energi.

Beberapa sebab kemungkinan Glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel karena:

mungkin tidak cukup insulin.
Mungkin ada banyak insulin, tetapi tidak dapat membuka reseptor.
Mungkin ada terlalu sedikit reseptor untuk semua glukosa.


Sebagian besar glukosa dalam aliran darah tetap disebut hiperglikemia juga dikenal sebagai gula darah tinggi. Tanpa glukosa yang cukup dalam sel, sel-sel Anda tidak dapat membuat energi yang dibutuhkan untuk menjaga kebutuhan energi untuk tubuh Anda berjalan lancar.


TANDA DAN GEJALA DIABETES

Orang dengan mengalami gejala diabetes biasanya muncul tanda-tanda dan gejala yang berbeda. Anda mungkin dapat menemukan semua gejala yang disebutkan, beberapa, atau tidak sama sekali, adapun gejala diabetes sebagai berikut:

Sering buang air kecil
Kulit gatal
Penglihatan kabur
Merasa lelah dan lemah
Mati rasa atau kesemutan di kaki
Haus yang berlebihan
Lambat dalam proses penyembuhan luka
Selalu menjadi sangat lapar
Masalah Berat badan
Infeksi kulit



Glukosa darah tinggi untuk jangka waktu yang lama dapat menjadi racun bagi tubuh dan seiring waktu glukosa darah yang tinggi merusak pembuluh, ginjal, mata, dan saraf yang mengarah ke komplikasi dan kerusakan permanen pada organ-organ vital tubuh.

Saraf atau neuropati dapat menyebabkan Anda kehilangan perasaan di kaki atau bagian lain dari tubuh Anda. Penyakit pembuluh darah, arteriosklerosis, dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan masalah sirkulasi. Masalah mata termasuk kerusakan pembuluh darah di mata (retinopati) tekanan dalam mata (glaukoma) dan kekeruhan dari lensa mata (katarak).

Beberapa penyakit lain yang dapat muncul seperti penyakit ginjal, nefropati, gagal ginjal dari pembersihan limbah juga tekanan darah tinggi, hipertensi, membuat jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah.


JENIS DIABETES


Ada dua jenis diabetes yang banyak di alami penderita.

Diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe 1, tubuh membuat insulin dalam kebutuhan yang sesuai untuk tubuh sangat sedikit atau tidak ada. Orang dengan diabetes 1 biasanya dimulai ketika orang masih muda dan mungkin terjadi pada usia berapapun.

Tipe 2 diabetes

Pada diabetes tipe 2 tubuh Anda masih dapat membuat insulin, tetapi tidak membuat insulin yang cukup atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar. Tipe 2 juga disebut sebagai "Non - insulin dependent diabetes mellitus" (NIDDM). Hal ini dapat diobati dengan perencanaan makan yang tepat dan olahraga, obat-obatan dan bisa terjadi pada orang muda dan paling sering terlihat pada orang di atas 40 tahun.

Pencegahan Diabetes

Makan makanan yang tepat adalah langkah untuk mencegah dan mengontrol diabetes. Untuk mengurangi risiko terkena diabetes dengan mengelola makanan yang ada, Anda masih bisa menikmati makanan favorit dan mengambil kesenangan dari makanan Anda.

Beberapa kebiasaan makan yang baik untuk diet diabetes adalah makan di moderasi, makan teratur, dan makan berbagai buah-buahan, sayuran, dan gandum.


Makan tepat untuk diabetes


Anda harus makan makanan nabati, mengurangi karbohidrat olahan dan minuman manis, dan memilih lemak sehat dari lemak yang tidak sehat. Makan teratur menjaga dan mempengaruhi kadar gula darah Anda akan membantu untuk lebih konstan.


Mitos dan fakta tentang makan untuk mencegah atau mengendalikan diabetes

Mitos: Anda harus menghindari gula.

Fakta: Kabar baiknya adalah bahwa menikmati makanan favorit selama direncanakan dengan benar ditambah makan hidangan penutup untuk menghilangkan manis adalah bagian dari rencana makan sehat, atau dikombinasikan dengan olahraga.

Mitos: protein tinggi adalah yang terbaik.

Fakta: Penelitian telah menunjukkan bahwa makan terlalu banyak protein, protein hewani khususnya sebenarnya dapat menyebabkan resistensi insulin, suatu faktor pencetus diabetes. Diet sehat terbaik untuk penyandang diabetes mencakup protein, karbohidrat, dan lemak. Tubuh membutuhkan ketiganya berfungsi dengan baik dan tentu dengan perencanaan yang matang melalui diet seimbang.

Mitos: tidak akan bisa makan normal.

Fakta: Prinsip makan yang sehat adalah apakah Anda mencoba untuk mencegah atau mengendalikan diabetes. Anda dapat dengan mudah makan bersama keluarga dan teman-teman Anda jika Anda makan di moderasi.

Makan makanan untuk penderitaa diabetes tidak berarti menghilangkan gula. Tetapi untuk mendapatkan hasil kenikmatan yang paling terbaik adalah untuk acara-acara khusus. Penderita diabetes masih dapat menikmati porsi kecil makanan dalam diet diabetes.

Ada banyak cara untuk mengurangi konsumsi gula. Berikut adalah beberapa saran:

Membuat pola makan dan minum yang sehat. Menggunakan air mineral untuk soda, semangkuk buah beku bukan es krim, satu potong buah untuk mengganti kue.
Mengurangi atau menghilangkan jumlah gula yang disebut dalam resep.

Karbohidrat memiliki dampak besar pada kadar gula darah, tetapi Anda tidak perlu menghindari mereka. Anda hanya perlu untuk menjadi pintar tentang apa jenis karbohidrat yang Anda makan dan bagaimana Anda menyeimbangkan mereka di seluruh diet Anda.

Karbohidrat termasuk gula sederhana dan kompleks pati dan serat. Tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi glukosa (gula darah), yang merupakan bahan bakar untuk sel-sel Anda.

Karbohidrat sederhana: Termasuk buah-buahan dan beberapa sayuran, yang dalam vitamin alami mereka menawarkan bentuk, mineral, dan serat. Karbohidrat sederhana juga termasuk makanan olahan halus, dengan nilai gizi sedikit.

Makan beras merah bukan beras putih, makan karbohidrat bersama dengan protein atau sedikit lemak membantu mengurangi dampak pada kadar gula darah.


Kebiasaan makan yang teratur sangat penting bagi penderita diabetes. Tubuh lebih mampu mengatur kadar gula darah dan berat badan ketika mempertahankan jadwal makan yang teratur. Jangan melewatkan sarapan, mulailah hari dengan sarapan yang baik. Sarapan setiap hari akan membantu tubuh memiliki energi serta kadar gula stabil.

Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia

3 komentar:

  1. terimaakasih atas informasinya yang bermanfaat sekali.semoga penderita diabetes membacanya :)

    http://www.jualberasorganik.net

    BalasHapus
  2. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    Promo Terbaru :
    - Bonus  10% New Member Sportsbook
    - Bonus 5% New Member Casino Online
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    BalasHapus
  3. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus